Sabtu, 02 Maret 2013

Karakteristik Pendekatan CTL

Karakteristik CTL
Karakteristik kelas yang menggunakan pendekatan CTL, salah satunya adanya pemajangan hasil kerja siswa di dinding kelas. Menurut Nasar (2006:110) pendekatan CTL memiliki karakteristik sebagai berikut:
1) Pembelajaran merupakan proses pengaktifan pengetahuan yang sudah ada (activating knowledge) artinya apa yang akan dipelajari tidak terlepas dari pengetahuan yang sudah dipelajarinya 2) Belajar dalam rangka memperoleh dan menambah pengetahuan baru (acquiring knowledge). Pengetahuan baru itu diperoleh dengan cara deduktif artinya pembelajaran dimulai dengan mempelajari secara keseluruhan, kemudian memperhatikan detailnya 3) Pemahaman pengetahuan (understandisng knowledge) artinya pengetahuan yang diperoleh bukan untuk dihafal tetapi untuk dipahami dan diyakini 4) Melakukan refleksi (reflecting knowledge) terhadap strategi pengembangan pengetahuan. Hal ini dilakukan sebagai umpan balik untuk proses perbaikan penyempurnaan strategi.

Menurut Wina (2007:256) karakteristik penting dalam proses pembelajaran yang
menggunakan pendekatan CTL:
1) Dalam CTL, pembelajaran merupakan poses pengaktifan pengetahuan yang sudah ada (activing knowledge). Artinya apa yang akan dipelajari tidak terlepas dari pengetahuan yang sudah dipelajari 2) Pembelajaran CTL adalah belajar dalam rangka memperoleh dan menambahkan pengetahuan baru (acquiring knowledge) 3) Pemahaman pengetahuan (understanding knowledge) yaitu pengetahuan yang diperoleh bukan untuk dihafal tetapi untuk dipahami dan diyakini 4) Mempraktikkan pemahaman dan pengalaman tersebut (apllying knowledge) yaitu pengetahuan dan pengalaman yang diperolehnya harus dapat diaplikasikan dalam kehidupan siswa 5) Melakukan refleksi (reflecting knowledge) terhadap strategi pengembangan pengetahuan.

Karakteristik pendekatan CTL dari pendapat para ahli di atas peneliti dapat menyimpulkan adalah  sebagai berikut: 1) Pembelajaran merupakan proses pengaktifan pengetahuan yang sudah ada (activating knowledge) 2) Menambahkan pengetahuan baru (acquiring knowledge) 3) Pemahaman pengetahuan (understanding knowledge) 4) Berpikir kritis dan kreatif 5) Mempergunakan penilaian autentik 6) Mempraktikkan pemahaman dan pengalaman tersebut (apllying knowledge) yaitu pengetahuan dan pengalaman yang diperolehnya harus dapat diaplikasikan dalam kehidupan siswa 7) Bekerja sama dan 8) Refleksi (reflecting knowledge) terhadap strategi pengembangan pengetahuan.
DAFTAR RUJUKAN
Nasar. 2006. Merancang Pembelajaran Aktif dan Kontekstual Berdasarkan SISKO 2006. Jakarta: Grasindo
Wina, Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: Karakteristik Pendekatan CTL; Ditulis oleh Mashindra Prisma Saputra; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tolong isi komentarnya yang sopan dan membangun ya....
Terima kasih....